Penggunaan Tiltmeter pada Struktur Gedung bertingkat
18/04/2017

Kami siap mendukung pengujian Aspal Superpave

Seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan bermotor di suatu negara tentu akan menuntut untuk pertambahan jumlah perkerasan yang diperlukan untuk melintas. Ternyata ada banyak parameter yang harus dipertimbangkan dalam membuat/menambah/memperbaiki jalan atau kualitas jalan, ini tentunya berkaitan dengan jangka waktu dari si Jalan tersebut.

Dalam merancang suatu perkerasan baik dengan Rigid(beton) atau Flexibel (aspal) diperlukan suatu perhitungan komposisi disertai dengan percobaan di Laboratorium untuk menghasilkan perkerasan yang diinginkan/direncanakan.

Selain pengalaman yang memadai dari suatu perusahaan konsultan perencana, ternyata percobaan dilaboratorium terhadap suatu komposisi pun tidak bisa ditinggalkan dalam rangka ingin mendapat hasil yang maksimal, saat ini hampir seluruh lembaga pendidikan maupun instansi pemerintah yang mempunyai lingkup Desain Perkerasan Jalan Raya sudah mempunyai Lab – lab Transportasi, biasanya pada laboratorium Transportasi para desainer(engineer), ataupun mahasiswa menguji hasil perhitungan komposisi yang dibuatnya, dengan mengujinya terhadap suatu metode terkait dengan standard yang sudah ada sebelumnya seperti ASTM, AASHTO, EN, SNI(indonesia), dll. Pengujian itu pun bervariasi spt. Marshall Test, Ductility, Softening point, Skid Resistance, dll. Pengujian – pengujian tersebut sudah berlangsung sejak puluhan tahun yang lalu.

Dan pada tahun 1995 para peneliti bidang Asphalt di Amerika Serikat menemukan Jenis aspal baru dan metode Pengujiannya. Mereka menamakannya “Superpave Asphalt” yang diambil dari singkatan “Superior Performing Asphalt Pavement”. Aspal Superpave adalah aspal yang dirancang berdasarkan iklim dan suhu di lokasi di mana sapal akan dipergunakan sebagai bahan pekeresan jalan, dan diklasifikasi berdasarkan kinerja atau performancenya dan dinamakan aspal Performance Grade atau aspal PG. Metode pembuatan campuran juga menggunakan alat pemadat benda uji gyratory sehingga dihasilkan kepadatan yang sama dengan kepadatan di lapangan Selain aspal Superpave, perkembangan lain tentang aspal adalah dipakainya aspal yang dimodifikasi dengan bahan-bahan yang dapat meningkatkan kekuatan dan ketahanan aspal terhadap beban lalu-lintas yang semakin berat serta terhadap suhu permukaan jalan yang semakin tinggi. Namun demikian, aspal Performance Grade dan pencampuran aspal panas dengan metode Superpave sampai saat belum dipergunakan di Indonesia. Hal ini disebabkan masih belum banyak diketahuinya kedua hal tersebut oleh Kontraktor, Konsultan dan pihak-pihak lain yang terlibat di dalam pekerjaan konstruksi jalan.* Ir. Gatot Rusbintardjo, M.R.Eng.Sc., Ph.D. – UNISSULA

Cell of UTM-30 Servo-Pneumatic Four Point Bend ApparatusDynamic Modulus Test for UTM 79-PV70521 and 79-PV70503

Seiring dengan perjalanan waktu, saat ini metode pengujian dari “superpave” ternyata sudah mulai digunakan, dan kami mempunyai keyakinan bahwa metode tersebut nantinya akan banyak menggantikan percobaan – percobaan pada aspal konvesional (percobaan statis menjadi percobaan – percobaan dengan pembebanan dinamis”Dynamic”) karena metode superpave memang sudah mulai diterima bahwa hasil yang didapatkan lebih mendekati kondisi sebeanrnya di lapangan. Maka kami salah satu perusahaan terbesar yang sudah berdiri lebih dari 40th dalam menunjang penyedia peralatan laboratorium Material Konstruksi siap dengan perlatan – peralatan mutakhir yang terkini dari percobaan – percobaan tersebut. Adapun peralatan peralatan tersebut antara lain :

  • Mixer untuk aspal berkapasitas besar untuk mendukung percobaan dengan sampel seperti Slab atau ‘asphalt beam’ : Alat ini sering kali dilupakan atau kurang mendapat perhatian yang baik dari pengguna, tidak jarang kami masih sering menemukan “penggorengan untuk makanan” yang digunakan untuk menggantikan Mixer, padahal dengan menggunakan “penggorengan” ini bukan saja tidak sesuai dengan standart yang diharuskan tetapi juga akan banyak kekurangan yang bisa terjadi seperti kurang meratanya adukan, terbatasnya jumlah yang bisa di campur, bahaya saat melakukan pengadukan dan penumpahan, dll. Dan kalau saja kita masih kurang memperhatikan tahap ini maka sudah dipastikan kita akan mendapat sampel yang sangat tidak mewakili kondisi di lapangan ini yang akan menjadikan percobaan sia – sia.

Automatic asphalt laboratory mixer BITUMIX

  • Core Drill atau Cutting Machine : alat ini sebagai sentuhan akhir untuk mempersiapkan sampel, tanpa Coring atau Cutting yang baik, hasil yang nantinya dihasilkan pun tidak akan maksimal

  • Gyratory Compactor : Alat yang digunakan untuk memadatkan sampel, tingkat kepadatan dari gyratory jauh diatas tingkat kepadatan dengan metode konvensional seperti menggunakan ‘marshall compactor’ dan untuk memenuhi standar pengujian pada “superpave” maka sampel harus dipersiapkan dengan menggunakan Gyratory compactor, tidak bisa hanya dengan menggunakan marshall Compactor, dan peran kami adalah menyediakan Gyratory yang berkualitas TERBAIK DI DUNIA dengan pelayanan aftersales service yang bisa diandalkan.

Fully electro-mechanical gyratory compactor GALILEO Research

  • AMPT Pro, UTM for Asphalt, Four Beam Fatigue stand alone machine , Wheel Tracking machine: adalah sistem – sistem peralatan yang digunakan untuk tahap pengujian seperti : Dynamic Modulus of Hot-Mix Asphalt Concrete Mixtures, Dynamic modulus, Flow Time and Flow Number of Hot Mix Asphalt (paling banyak digunakan), Indirect Tension Test for Resilient Modulus of Bituminous Mixtures, Triaxial Cyclic Compression Test on Hot-Mix Asphalt, Fatigue Life of Compacted Hot-Mix Asphalt (HMA) subjected to Repeated Flexural Bending, dll. Sistem tersebut kami tawarkan selalu dalam keadaan terkini sesuai dengan Standard yang berlaku di dunia hal ini dapat kami lakukan karena kami selalu bekerjasama dengan badan standarisasi di dunia dengan menempatkan personil – personil terbaik kami dalam mengikuti perkembangan, kelebihan tersebut juga didukung dengan tingkat keakuratan yang tinggi serta keawetan yang panjang. Dan kami dapat lebih mudah mendapat dukungan Pabrik karena Manufaktur banyak dilakukan di Australia yang letaknya lebih dekat dengan Indonesia.

Next generation asphalt mixture performance tester AMPT Pro

Semua alat tersebut kami supplai dari Controls – IPC : Italy – Australia, Merk terkemuka Dunia dengan range terbesar dari mulai concrete, soil mechanic, asphalt, cement, dll.

Siapkan Laboratorium anda untuk menjadi yang terdepan dan diakui dengan dukungan peralatan yang diakui di dunia,

Diakhir Penulisan, kami ucapkan banyak Terima Kasih untuk segala perhatiannya, dan silahkan menghungi kami melalui email, atau telepon, kami akan senang untuk membantu.

 

Hormat Kami

Yudhistira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *